• Kam. Mei 23rd, 2024

Bunga Bangkai yang Langka

Byb4gol

Mar 18, 2024

situsfavorite.org – Bunga Bangkai yang Langka yang dimaksud adalah Amorphophallus titanum, yang juga dikenal sebagai “bunga bangkai” atau “bunga cadaver”. Berikut adalah beberapa fakta tentang Bunga Bangkai yang Langka :

  1. Ukuran Besar:

    Bunga bangkai merupakan salah satu bunga terbesar di dunia. Tangkai bunga dapat mencapai ketinggian 2-3 meter, sementara bunga itu sendiri bisa memiliki diameter hingga 1 meter. Baca Juga Hewan

  2. Bau Busuk:

    Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari bunga bangkai adalah baunya yang sangat menyengat dan busuk, yang menyerupai bau bangkai atau daging busuk. Bau ini menarik serangga penyerbuk, seperti lalat dan kumbang, yang membantu dalam penyerbukan. Baca Juga Berita Menarik

  3. Melejitkan Tangkai Bunga:

    Bunga bangkai melejitkan tangkai bunganya dalam waktu yang relatif singkat, biasanya dalam beberapa hari. Setelah mencapai puncaknya, bunga akan mekar selama hanya 24-48 jam sebelum layu dan mati.

  4. Endemik di Sumatera:

    Bunga bangkai merupakan tumbuhan asli pulau Sumatera, Indonesia, dan di temukan terutama di hutan-hutan hujan tropis dataran rendah.

  5. Pengunjung Langka:

    Meskipun memiliki bau yang tidak menyenangkan bagi manusia, bunga bangkai menarik berbagai jenis serangga, yang membantu dalam penyerbukan. Namun, serangga penyerbuk ini juga menjadi langka, sehingga membuat bunga bangkai kesulitan untuk berkembang biak.

  6. Ancaman Kepunahan:

    Habitat alami bunga bangkai terancam oleh deforestasi dan aktivitas manusia lainnya. Karena itu, bunga bangkai masuk dalam kategori rentan di Daftar Merah IUCN.

Meskipun memiliki reputasi yang mengerikan karena baunya yang kuat dan busuk, bunga bangkai menarik minat banyak orang karena keunikan dan keindahannya yang langka. Orang-orang sering kali berbondong-bondong untuk melihat bunga bangkai saat mekar, karena momen ini hanya terjadi sekali dalam beberapa tahun.

By b4gol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *